h1

Belajar LINQ lebih menyenangkan dengan LINQPAD

24 Juli 2009

Sejak diperkenalkan oleh  Anders Hejlsberg dalam Microsoft Professional Developers Conference (PDC) tahun 2005 lalu, LINQ  – singkatan dari Language Integrated Query– kemudian menjadi “senjata andalan” Microsoft untuk mengisi lini ORM(Object-relational mapping) buatan Microsoft.  Pada Visual Studio 2008, LINQ juga secara default sudah diimport ke dalam setiap project yang dibuat dengan .NET 3.5. Jadi Microsoft secara sengaja ingin memperkenalkan LINQ kepada tiap developer yang menggunakan Visual Studio-nya.

Membuat query LINQ dapat dengan mudah dilakukan di dalam setiap project di Visual Studio yang telah diimport Library LINQ. Visual Studio 2008 juga menyediakan fitur intellisense , drag-drop table dari Server Explorer Visual Studio untuk membuat  LINQ DataContext yang tentu saja  memudahkan developer membuat query-query LINQ sesuai keinginan. Namun demikian masih ada beberapa kendala yang dialami ketika Anda akan mengetes query LINQ telah selesai dibuat. Anda harus menjalankan (RUN) project Anda di Visual Studio agar terlihat hasilnya. Bagi para pemula yang baru belajar query LINQ, hal ini tentu saja sangat merepotkan.

Beruntung ada tools 3rd party sebagai IDE LINQ. LINQPAD adalah IDE yang memungkinkan kita berinteraksi langsung dengan database dengan menggunakan query LINQ. Mirip dengan SQL Server Management Studio, tetapi ini dikhususkan untuk query LINQ. Tidak hanya database saja, perintah query LINQ to XML dan LINQ to Object dapat dipraktekkan disini. LINQPAD dapat Anda mengunduhnya disitusnya http://www.linqpad.net/.

Sebelum menggunakannya untuk meng-query ke Database, Anda terlebih dahulu harus mengatur Connection Propertiesnya. Mirip dengan milik Visual Studio. Jadi Anda tidak akan kerepotan. Lihat Gambar di bawah.

Setting Koneksi Database di LINQPAD

Setting Koneksi Database di LINQPAD

Ketika installasi selesai, Anda juga akan mendapatkan contoh-contoh perintah LINQ baik untuk object, XML ataupun Database. Namun demikian jangan lupa, Anda harus memiliki .NET Framework3.5 untuk menggunakan LINQ. Kalau Anda sudah memiliki Visual Studio 2008 (versi apapun), .NET Framework3.5 sudah terinstall di dalamnya.

Apabila Anda telah selesai mengatur connection properties untuk Database, akan muncul Tree disebelah kiri yang menampilkan informasi tentang Database yang sedang terkoneksi dengan LINQPAD. Anda juga dapat melakukan klik pada tabel-tabel pada tree untuk mengetahui kolom-kolom yang ada di dalamnya. Lihat Gambar di  bawah.

Browse Database dan Table melalui LINQPAD

Browse Database dan Table melalui LINQPAD

Select dari Array

Select dari Array

Select kolom table dengan LINQ

Select kolom table dengan LINQ

Untuk mengeksekusi perintah LINQ yang ada di dalam editor, Anda cukup menekan tombol F5. Sekali lagi mirip dengan SQL Server Management Studio. Berbagai macam dokumentasi dan contoh query LINQ yang menggunakan LINQPAD dapat Anda lihat di http://www.albahari.com/nutshell/whythisbook.aspx. Anda yang menggunakan C# juga dapat melihat contoh-contoh query LINQ di http://msdn.microsoft.com/en-us/vcsharp/aa336746.aspx

Selamat bermain dan belajar!

Referensi lain tentang LINQ : http://msdn.microsoft.com/en-us/netframework/aa904594.aspx

Iklan

One comment

  1. terimakasih mas udah sharing tentang toolsnya, lagi butuh buat nyusun skripsi nih pake asp.net



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: