h1

ASP.NET MVC , barang lama kemasan baru

21 Juli 2009

Semenjak diluncurkan beberapa saat yang lalu ASP.NET MVC –untuk selanjutnya penulis menyebutnya ASP MVC- menjadi bahan pembicaraan di forum-forum. Banyak kalangan yang menanyakan tentang kemampuannya dalam menyediakan solusi enterprise.

MVC sendiri merupakan hal yang sudah lama diperkenalkan dalam dunia web programming. MVC pertama kali diperkenalkan tahun 1979 oleh Trygve Reenskaug di Xerox PARC. MVC pertama kali diimplementasikan pada Smalltalk-80.

Yang menjadi pertanyaan penulis adalah apakah Microsoft melirik suksesnya penerapan MVC yang digelontorkan oleh Rails pada Ruby programming, Struts/WebWork dan juga Spring MVC pada JAVA, sehingga mereka –Microsoft – mengeluarkan framework MVC sebagai salah satu pendekatan web programming di atas ASP.NET?

Bisa jadi demikian. Karena menurut pengetahuan penulis Microsoft “pandai” dalam hal melirik kebutuhan dari penguna. Contoh lainnya adalah saat Microsoft memperkenalkan LINQ sebagai solusi ORM untuk XML, Database dan berbagai obyek generic lainnya, sebagai “saingan” dari ORM 3rd party produk lainnya seperti NHibernate . Penulis berpendapat Microsoft ingin menyediakan solusi All-in-One melalui produk-produk mereka. Yang terakhir mengenai rilis Entities Framework sebagai alternatif  solusi untuk Data Access. Jadi apakah ASP MVC ini merupakan sebuah proyek coba-coba dari Microsoft untuk melengkapi lini produk dari web development toolkit-nya? Kita tunggu saja bagaimana pengembangannya di masa mendatang, mengingat masih terbatasnya komponen control yang disediakan oleh ASP MVC. Yang pasti ASP MVC bukan diposisikan untuk mengganti ASP.NET WebForm. Namun lebih sebagai solusi alternative web programming di dunia ASP.NET.

Yang menarik lainnya adalah diskusi forum yang mempertanyakan haruskah programmer ASP.NET WebForm mempelajari ASP MVC? Hal ini mengingat untuk mengimplementasikan ASP MVC, Anda harus melupakan sebagian besar dari paradigma ASP.NET WebForm. Anda dapat melihatnya di www.infoq.com

Secara subyektif  Rob Conerey (karyawan Microsoft pada tim ASP.NET MVC dan pencipta SubSonic) menjelaskan alasan mempelajari dan mengimplementasikan ASP.NET MVC

  • Control over HTML
  • Extensibility
  • It Makes You Think
  • Differently: Javascript Doesn’t Suck
  • Learning New Concepts
  • It’s Fun

Berikut adalah kutipan komentar dari Rob

WebForms is a lie. It’s abstraction wrapped in deception covered in lie sauce presented on a plate full of diversion and sleight of hand. Nothing you do with WebForms has anything to do with the web – you let it do the work for you.

This, friends, is a big deal (at least to me): You’re working in a lie. The web is *not* stateful and works with this stuff called HTML sent across wires using another thing called HTTP – you need to know this, love this, and feel it at the bone level.

Mereka para pengagas MVC di ASP.NET ini begitu “antusias” mengembalikan aturan bagaimana sebuah website programming/application seharusnya dikembangkan. Mengingat sifat protokol HTTP yang bersifat stateless.  Menurut penulis sendiri, ASP MVC masih membutuhkan perjalanan yang panjang untuk menyediakan sebuah solusi enterprise web application yang mature. Hal ini tentu saja dapat dimaklumi mengingat umurnya yang masih sangat muda. Namun demikian bukan berarti kita menutup mata terhadap teknologi baru yang hadir  untuk memperkaya wacana kita. Jadi selamat belajar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: